SOSIALISASI KURIKULUM 2013


Pada tahun pelajaran 2013/2014, pemerintah (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) rencananya akan mengimplementasikan Kurikulum baru yang sebelumnya akan disosialisasikan sampai akhir Juni 2013.

Banyak perubahan-perubahan mendasar pada kurikulum baru ini, misalnya jumlah mapel SD yang tinggal 6 (enam) mata pelajaran, mata pelajaran SMP dari 12  menjadi 10 mata pelajaran. Kemudian jam pelajaran per minggunya untuk SD ditambah 4 jam pelajaran dan SMP ditambah 6 jam pelajaran per minggunya.

Sebagai contoh, nantinya jam pelajaran Pendidikan Agama, PPKn, Penjas Orkes dan Seni Budaya yang dulunya masing-masing dialokasikan 2 jam pelajaran per minggu, nanti berubah menjadi masing-masing mata pelajaran ini menjadi 3 jam pelajaran  per minggu. Matematika dan Bahasa Indonesia menjadi 5 jam per minggu. Dan ada nama mata pelajaran baru yaitu prakarya nantinya disediakan 4 jam per minggunya.

Dijelaskan pula bahwa kurikulum baru ini berbasis Teknologi Informasi, sehingga tidak diperlukan pelajaran TIK secara khusus. Penguasaan TIK harus ada pada keseluruhan pembelajaran semua mata pelajaran.

Dalam paparan sosialisasi kurikulum 2013 ini secara berurrut disajikan:

  1. Pengantar
  2. Strategi Pengembangan Pendidikan
  3. Rasional Pengembangan Kurikulum
  4. Kerangka kerja pengembangan kurikulum
  5. Elemen perubahan kurikulum
  6. Standar kompetensi lulusan
  7. Struktur kurikulum
  8. Kompetensi inti dan kompetensi dasar
  9. Faktor pendukung keberhasilan implementasi kurikulum
  10. Strategi implementasi
  11. Jadwal

Untuk materi selengkapnya dapat di unduh di tautan barikut

SOSIALISASI_KURIKULUM_2013

2 Tanggapan

  1. Pak, klo ada sosialisasi kurikulum 2013, mohon informasinya, barangkali kami bisa hadir. Bisa hubungi kami di 08175120236. Trim’s.

  2. pak klo ada sosialisasi kur 2013, mohon info, kita semangat mengikutinya,

Tinggalkan komentar