Software Bimbingan dan Konseling


Peran Teknologi Informasi dalam Bimbingan Konseling, khususnya pemanfaatan sotware Bimbingan Konseling, semakin hari semakin berkembang dan bervariasi. Berkembang karena produk software Bk yang lama senantiasa di update menyesuaikan kebutuhan dan perkembangan ilmu Bimbingan Konseling terkini. Bervariasi karena Konselor Sekolah dapat memilih software yang berbeda untuk untuk pengadministrasian data yang sama. Dengan pilihan yang bervariasi ini diharapkan semakin memudahkan kerja Konselor Sekolah dalam pengadministrasian  Layanan BK dan analisis data siswa, sehingga dapat di ditindak lanjuti dalam bentuk layanan-layanan Bk kepada seluruh siswa asuh. Harapannya semua siswa dapat terlayani sehingga menjadi siswa yang mandiri, mengenal diri dan lingkungannya serta sejahtera secara fisik dan psikologis.

Pada tanggal 6 – 8 September 2011, Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan, menyelenggarakan pelatihan kepada Konselor Sekolah, dengan tema pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Bimbingan Konseling yang menghadirkan Bpk. Andori, S.Pd. Kons. Beliau memberikan materi tentang pemanfaatan simBK dan IKMS, karya beliau.

SimBK adalah sebuah software Bimbingan Konseling sebagai sistem imformasi yang dapat digunakan secara terpadu dalam administrasi  pelayanan bimbingan dan konseling . Sedangkan IKMS  adalah salah satu alat pengumpul data dengan mengidentifikasi kebutuhan dan masalah siswa. IKMS biasanya digunakan pada awal tahun ajaran baru, yaitu sebelum Konselor sekolah menyusun program bimbingan dan konseling. Untuk simBK bisa di unduh disini  (pojok kanan bawah “update sim BK 2.6”) dan informasi selengkapnya silakan klik disini!

Software Bimbingan Konseling lainnya adalah E-Sosiometri, hasil karya dari mas Eko Susanto. Keunggulan E-Sosiometri ini adalah hanya dengan memasukkan data dari hasil pilihan jawaban siswa, kita langsung bisa mengetahui analisisnya baik dalam bentuk individu dan kelompok, serta grafik-grafiknya. Lebih lengkapnya silakan klik tautan ini.

Selanjutnya, saya mengucapkan terimakasih kepada yang punya blog imajinasiku , yang berkenan berbagi secara gratis terhadap hasil karyanya, berupa software sistem informasi BKnya. Software ini mirip dengan simBK, tetapi ada penekanan terhadap laporan pelanggaran, konsultasi, undangan dan kunjungan rumah. Software ini lebih mudah digunakan dan entry data siswa bisa langsung kita impor dari data base yang kita punya (dengan exel 2003) . Bagi yang berminat menggunakan silakan klik tautan ini!  sekali lagi GRATIS!!!

Semoga dengan software Bk ini, bagi pembuatan selalu mendapat limpahan berkah-NYA, dan bagi para Konselor di Sekolah, lebih optimal dalam membantu anak didiknya. Amin.

15 Tanggapan

  1. Minta izin saya link articlenya di blog saya

  2. apakah untuk download itu ada persyaratannya

  3. terimakasih buanyaakkk ya pak, sudh kami donlut

  4. terimakasih banyak mas dan saya berharap lebih banyak bloger tentang pendidikan khususnya bimbingan dan konseling

  5. wah makasih pak. bisa sangat membantu sekali ini…
    salam BK indonesia !
    http://bk-gemilang.blogspot.com/

  6. Terima kasih infonya.
    saya menginginkan sekali “simBK 2.6” tapi tidak bisa menemukannya. bapa barangkali bisa menolong saya untuk mendapatkan simBK tersebut? terima kasih

    • “simBK 2.6” sekarang telah update ke “simBK 3.0” Saya tidak berani meng-upload tanpa se ijin pemegang hak ciptanya yakni “PARAMITRA JOGJA” Kalau Bpk. berminat bisa menghubunginya atau saya bisa pesankan. Harga 125.000,- terdiri dari CD Aplikasi + buku panduan + cd kumpulan materi BK. No. Hp saya 08125905758

  7. ga bisa di download tu pak….bisa kirmkan CD sofware ke sekolah saya…

  8. Mohon info “simBK 3.0″ itu isinya apa saja ?

  9. bro, simbk 3 bisa masukan data secara kesluruhan ga, ga perlu masukan data satu-satu

  10. Terima kasih telah berkunjung ke blog BK SMP 3 Bagor Nganjuk …

  11. link udah gk bisa di download pak

Tinggalkan komentar