[download] Konseling Trauma Pasca Ujian Nasional


KONSELING TRAUMA PASCA UJIAN NASIONAL

Oleh    : Team Konseling Trauma Pasca Ujian Nasional

Abstrak

Konseling merupakan bantuan yg bersifat terapeutis yg diarahkan untuk mengubah sikap dan perilaku konseli, dilaksanakan face to face antara konseli dan konselor, melalui teknik wawancara dengan konseli sehingga dapat terentaskan permasalahan yang dialaminya.

Konseling pasca trauma yaitu konseling yang diselenggarakan dalam rangka membantu konseli yang  mengalami peristiwa traumatik,agar konseli dapat keluar dari peristiwa traumatik yang pernah dialaminya dan dapat mengambil hikmah dari peristiwa trauma tersebut.

Trauma adalah suatu kondisi emosional yg berkembang  setelah suatu peristiwa trauma yang tidak mengenakkan, menyedihkan, menakutkan, mencemaskan dan menjengkelkan, seperti peristiwa : Pemerkosaan, pertempuran, kekerasan fisik, kecelakaan, bencana alam dan peristiwa-peristiwa tertentu yang membuat batin tertekan, misalnya konseli(siswa) yang tidak lulus Ujian Nasional.

Trauma psikis terjadi ketika seseorang dihadapkan pada peristiwa yang menekan yang menyebabkan  rasa tidak berdaya dan dirasakan mengancam. Reaksi umum terhadap kejadian dan pengalaman yg traumatis adalah berusaha menghalaukannya dari kesadaran,namun bayangan kejadian itu tidak bisa dikubur dalam memori.

Seiring dengan kejadian tersebut konselor sebagai pendidik pada jalur formal yg bertugas melakukan bimbingan dan konseling di Sekolah bertanggung jawab untuk dapat membantu peserta didik/masyarakat/individu yg mengalami peristiwa trauma sehingga dapat keluar dari peristiwa trauma pasca ujian nasional ini. Untuk itu Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MG-BK) Kabupaten Pacitan, sebagai forum guru BK/Konselor  yg mempunyai tugas dan fungsi pemberdayaan pendidik di bidang Bimbingan Konseling perlu membekali diri  dengan pemahaman dan ketrampilan khusus tentang cara pemberian pelayanan konseling Traumatis kepada para siswa yang mengalami trauma pasca Ujian Nasional ini

Untuk membaca materi selengkapnya, silakan unduh di tautan berikut

konseling trauma pasca ujian nasional (pdf.zip)

8 Tanggapan

  1. artikelnya menarik, mungkin jika butuh tehnik penanganan trauma silahkan kunjungi kami di bukuseft.wordpress.com

    maksih infonya.

  2. Mohon izin ‘konseling trauma pasca ujian nasional’-nya. Beberapa siswa saya yg belum lulus sampai hari ini masih belum mau ke sekolah, katanya malu, padahal sekolah mengadakan kegiatan bimbingan khusus untuk mempersiapkan ujian ulangan nanti.

    • menyadarkan siswa atas “ketertundaan kelulusan” yang dia alami memang membutuhkan kesabaran dan kegigihan. Menanamkan keyakinan bahwa dia harus mengulang sebagai sebuah kenyataan yg harus dia hadapi dan mengingat kegagalan yg telah lewat adalah suatu pikiran dan kenyataan yg sia-sia dan hanya akan membikin sesak didada.

      saat ini sekolah kami juga sedang membimbing anak2 yang harus mengulang UN. Saya tekankan bahwa mereka bukannya tidak lulus, tetapi sedang menghadapi kenyataan “untuk UN kedua” dan bisa jadi kalau dihadapi dengan senang hati mereka akan memperoleh nilai lebih bagus dari temannya yg tidak mengulang.

  3. izin download ya.
    Teruskan berbaginya pak

  4. tanya pak mohon bimbingan
    teori BK apa yang berelevansi dengan dunia pendidikan

  5. Konseling Indonesia, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya buat Mas Tri, luar biasa;; salut kami dengan Mas Tri, seandainya banyak insan-insan konseling kita yang melek teknologi dan mau berbagi untuk sesama, mustinya konseling kita akan semakin berjaya..

    Teruslah berjuang mas;;
    Maju dan Berjaya Konseling

    Salam

    IFDIL
    KONSELINGINDONESIA.COM

    • Terimakasih P. Ifdil, seandainya saya bisa lakukan yang lebih (seperti di Konseling Indonesia) tentunya saya akan sangat bahagia. Saya belajar dan mencoba berbagi dengan sahabat2 semua dengan segala keterbatasan dan kekurangan saya, masukan dan saran sangat saya nantikan. Sekali lagi terimakasih motivasinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: