KIAT MENGELOLA WAKTU


KIAT MENGELOLA WAKTU

Oleh : TRIYONO, S.Pd

Time is money, ungkapan ini tak asing di telinga kita. Namun, sudahkah kita menyadari dan kemudian melakukan sesuatu untuk menghargai waktu yang kita punya ini? Mengelola waktu adalah langkah bijak agar setiap jam, setiap menit bahkan setiap detik waktu kita berharga, baik untuk diri kita, keluarga,  pekerjaan dan teman kita. Apa yang harus kita lakukan?

  1. Tetapkan Tujuan, Luangkan sedikit waktu, coba renungkan dan tuliskan tentang hidup sekaligus tujuan hidup kita. Dengan cara ini kita jadi tahu persis apa yang sebenarnya kita inginkan dan bagaimana cara mencapainya.
  2. Tentukan Tujuan. Sekarang coba kita lihat agenda mingguan kita. Perhatikan hari demi nhari dan mulailah menentukan tujuan untuk pekan depan. Apa yang harus dilakukan, bagaimana caranya, dsb. Tujuan tidak harus berkaitan dengan aktifitas fisik. Tapi ingat tidak usah menentukan terlalu banyak tujuan. Cukup dua untuk setiap peran yang kita jalani.
  3. Atur Prioritas. Cara tahu kapan, dimana dan bersama siapa kita menghabiskan waktu selama ini. Sekarang, cobalah buat skala prioritas. Tentukan man yang mendesak, penting, agak penting serta tidak penting. Bisa juga dibuat mendesak tetapi tidak penting, tidak mendesak tapi penting. Dengan begitu, segalanya jadi jelas sehingga kita dapat menentukan sendiri bagaimana harus menghabiskan waktu yang sangat terbatas itu. Tapi hati-hati, jangan masukkan tidur dan istirahat sebagai hal yang tidak penting atau tidak mendesak. Justru itu penting untuk kesehatan tubuh!
  4. Pilih peran. Sebenarnya setiap manusia punya berbagai peran seperti halnya seorang actor. Nah, tentukanperan mana yang akan diambil agar hidup kita jadi seimbang. Peran ini akan terus berkembang dan memberi banyak sumbangan pada tujuan hidup pribadi kita.
  5. Jadual Mingguan. Mulai sekarang buat jadual mingguan. Isi dengan kegiatan-kegiatan atau tujuan yang ingin kita lakukan atau kita capai. Tidak perlu kecewa jika ternyata tidak tercapai karena kadang sesuatu terjadi secara tiba-tiba tanpa kita rencanakan. Simpan kegiatan yang tertunda tadi dan jadikan prioritas minggu depan.
  6. Nikmati Keberhasilan. Catat mana saja tujuan yang berhasil dan tidak. Memang, membuat jadual tidak menjamin kita akan selamanya berhasil. Tapi, minimal kita akan lebih menghargai waktu. Hidup pun terlihat lebih enteng, tanpa perlu diburu-buru waktu. Terakhir nikmati kemenangan kita karena kita sudah berhasil membagi dan mengatur waktu dengan baik.

naskah dalam format power point bisa di unduh disini!!!

KIAT MENGELOLA WAKTU

Reference: Materi BK dari UPI

3 Tanggapan

  1. setuju sekali mas🙂
    tips nya keren banget…
    memang setiap orang diberi modal yang sama…yaitu waktu 24 jam..tapi bagaimana cara mengelolanya itu yang membedakan antara 1 orang dengan yang lainnya,,

    thanks buat tips nya..oke punya🙂

  2. woww kereeen, guru BK dah bisa buat blog.
    entar sy mo belajar ama you.
    OK sukses slalu buat ketua kelas angkatan ’90

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: