CARA MENDONGKRAK NILAI


CARA MENDONGKRAK NILAI

Oleh : TRIYONO, S.Pd

 

Lagi enaknya kita bermain, musim ulangan datang  menjelang. Panik? tenang aja.  Dengan tips dan trik yang telah kita persiapkan, situasi apapun kita akan enjoy menghadapi ulangan. Nilai 8 atau 9 bahkan 10, bukanlah impian tapi bisa menjadi sebuah kenyataan. Belajar segera menjadi hal yang menyenangkan!!  Coba aja tips dan trik di bawah ini :

  1. Trik menjawab pertanyaan pilihan ganda; pertama, perhatikan pertanyaannya lalu pikirkan jawabannya, jangan terpengaruh sama huruf-huruf  pilihan didepan jawaban. Sebab kita bisa terkecoh sama jebakan yang dibyat oleh guru, yang seolah-olah benar padahal salah. Kemudian percaya insting kita. Jangan pernah mengubah jawaban pertama, kecuali kita yakin benar itu salah.
  2. Catat juga coretan guru di papan tulis atau Layar LCD. Terutama contoh rumus atau jawaban pertanyaan penting.
  3. Hati-hati memilih kata. Jangan asal tulis setiap huruf yang dikatakan guru. Carilah tanda-tanda yang menurut guru, hal itu sangat penting. Seperti kalau pas menerangkan intonasi suaranya naik, gerakan tangan atau diam sebentar.
  4. Obrolin apa yang dipelajari dan gunakan kosa kata baru
  5. Temukan gaya belajar kita. Apakah kita type cuma melihat langsung mengerti, mendengarkan orang bisa masuk , atau pelajaran baru nempel kalau langsung dikerjakan. Dengan begini belajar kita lebih efektif. Buat type visual dan “pekerja” itu, nulis ulang catatan di kelas merupakan cara terbaik untuk menyerap informasi. Kalau kita type pendengar, baca catatan kita keras-keras, atau rekam dikaset dan dengarkan di mana saja.
  6. Menyiasati makan. Selalu sediakan waktu untuk sarapan. Jangan konsumsi makanan yang berat dan berlemak sebelum tes. Makanan berprotein tinggi  ( susu, ayam dan selai kacang) merupakan bahan bahan bakar terbaik untuk belajar dan tes.
  7. Sediakan waktu untuk mengerjakan tugas dan PR, supaya nggak kram waktu tes (konsen)
  8. Dari pada jawaban kosong kita boleh main tebak-tebakan. Untuk tipe pertanyaan benar salah, kesempatan kita untuk jawab benar itu 50% dan 20% sampai 25% buat pilihan ganda
  9. Kata kunci dicatatan kita, kita beri warna mencolok, misalnya pakai stabilo atau tinta warna-warni. Ini bisa menancapkan ingatan kita, supaya informasi selanjutnya mengalir lancar
  10. Sip banget kalau alas tulis kita sedap dipandang. Makanya jangan sayang buat inves alat tulis cool. Tapi bila ujian jangan coba-coba nulis pakai tintawarna-warni.
  11. Simpeh deh PR atau tugas lama kita. Banyak tes akhir taun biasanya memakai ulang soal lama yang pernah kita kerjakan
  12. Tinggalkan sisa halaman pada catatan, sebab sisa halaman bisa digunakan untuk membuat catatan info sekitar materi terkait.
  13. Hindari “nervous”,  kalau perlu nikmati dulu produk makanan yang mengandung enzim alami yang mampu merileksasi sistem nervous kita, misalnya produk susu dan yoghurt
  14. Usahakan duduk didepan atau ditengah, agar bisa konsentrasi
  15. Buatlah hal yang dipelajari makin dekat dengan pribadi kita, misal kita diajar materi sejarah tentang Patih Gajah Mada, coba kaitkan ingatan kita tentang sebuah jalan yang sering kita lewati.
  16. Kutip dan baca keras-keras kalimat motivasi yang menjadi favoritmu
  17. Sebelum membaca keseluruhan bab dalam buku, coba perhatikan dulu permasalahan atau topik apa yang sedang dibahas
  18. Kalau kita sering ngantuk, coba yang ini: gelitik langit-langit mulut kita dengan lidah kita, atau benamkan kuku jari tangan kita ketelapak tangan (jangan keras-keras)
  19. Istirahat sejenak, kalau lelah belajar
  20. Bayangkan kita pasti sukses dan meraih hasil belajar (nilai) yang memuaskan
  21. Kendalikan dan atur tempat belajar. Ingat jangan lingkungan belajaar mengendalikan kita, dan……
  22. tambah sendiri ya…..

dan yang menghendaki materi dalam format Power Point ada disini!!

CARA MENDONGKRAK NILAI

Referensi: Materi BK untuk pengembangan diri, sosial dan karir – Proyek Peningkatan UPI.

2 Tanggapan

  1. I like it, tolong dong kirimkan dengan segera ke email saya krn ada tugas kuliah tentang satuan layanan bk, temanya tentang pengembangan diri siswa, 4 bidang bimbingan : belajar, pribadi, sosial, karir. please… saya tunggu ya.. makasih .. salam bk…

  2. plus dengan materinya masing-masing bidang bimbingan ya…. tq…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: