Poin Pelanggaran Siswa


Poin Pelanggaran Siswa

Poin Pelanggaran adalah poin yang dikenakan kepada siswa atas pelanggaran yang dilakukan siswa terhadap Tata Tertib yang ditetapkan oleh sekolah. Tujuannya adalah demi terjaganya suasana kondusif di lingkungan sekolah dan kenyaman belajar siswa.

Masing-masing pelanggaran tata tertib yang dilakukan siswa, mengandung atau memiliki bobot tertentu seperti yang telah disepakati dan ditetapkan antara siswa dan sekolah. Bentuknya bisa berbentuk angka-angka yang selanjutnya didiskripsikan pada sebuah bobot pelanggaran, misalnya; kategoti pelanggaran berat, kategori sedang, kategori ringan dsb.

Pelaksana dari kegiatan ini sebaiknya di koordinasikan oleh petugas ketertiban dan kesiswaan dan selanjutnya bisa dikonsultasikan dengan konselor sekolah. Atau juga bisa menggunakan mekanisme lain atas kesepakatan pihak sekolah, keluarga siswa, siswa dan pihak lain yang terkait.

Sebaiknya konselor harus berhati-hati apabila diberi tugas ini, agar tidak terkesan konselor sebagai polisi sekolah.

Bagi anda yang tertarik dengan softwer point pelanggaran ini, dapat mengunduh dihalaman download blog ini, atau disini, atau menghubungi pembuatnya disini

About these ads

10 Tanggapan

  1. terima kasih pak Triyono yang sudah bagi-2 ilmu,semoga bermanfaat bagi kita semua.

    sama-sama

  2. Terima kasih atas infonya, dan saya setuju Konselor perlu mengambil posisi yang jelas agar tidak dipersepsi sebagai lembaga disipliner
    Mohon ijin untuk mengunduhnya. Tak lupa, saya dan keluarga menyampaikan: “Selamat Hari Raya Iedul Fitri 1431 H. Mohon ma’af lahir batin. Taqabalallah minna wa minkum”. Salam untuk keluarga dan semua pengunjung blog in

    • Terima kasih Bapak, sulit memang menghilangkan persepsi yang sementara ini masih banyak berkembang, bahwa ko.r adalah sama dengan petugas ketertiban. Dan sekali lagi terima kasih banyak telah membantu memperkenalkan blog ini kepada yang lainnya baik berupa link, ping balik dll, semoga semuannya membuat saya semakin bersemangat untuk belajar ngeblog.
      Saya dan keluarga juga menyampaikan minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin kepada Bapak dan Keluarga serta kepada semua pengunjung blog ini.
      Kepada bu Sriayu, terima kasih telah berkenan berkunjung, masukan dan sarannya senantiasa kami nantikan. salam pendidikan.

  3. Terimakasih infonya Pak. Sangat bermanfaat buat saya yang memiliki tugas rangkap d madrasah sebagai guru BP.
    Saya dapat link anda dari Bapak Akhmad Sudrajat (yg komen d atas).

    Salam Pendidikan

  4. “Selamat Hari Raya Iedul Fitri 1431 H. Mohon ma’af lahir batin. Taqabalallah minna wa minkum”.

  5. pak kalau poin ini saya sampaikan maka otomatis saya juga pelaksananya.dan karakter siswa berbeda untuk siswayang ‘ bermasalah” memang guruBK dianggap”menakutkan” tapi siswa tidak membuat masalah guru bk tempat curhat dan mereka terbuka.

  6. Point pelanggaran harus disikapi secara cerdas dan jeli agar tidak terjebak tugas yang tidak semestinya. tapi konselor harus ambil peran sesuai tupoksinya, yaitu menindaklanjuti hasil kerja kesiswaan dan tim ketertibannya, Konselor menolong siswa melalui kegiatan layanan dan pendukung. Dengan melakukan layanan yang khusus inilah peran konselor bisa dirasakan oleh siswa dan diapresiasi oleh teman-teman guru lainnya. Mari tunjukkan KINERJA yang benar wahai teman konselor……

  7. Pak saya mau merubah pelanggaran tapi pakai pasword, paswordnya apa ya pak?

  8. Point pelanggaran untuk BK …? secara profesi mungkin bertentangan dg hati nurani , akhirnya sya memandang siswa yg dapat point bukan sebagai siswa yg bersalah tetapi memiliki masalah yg butuh bantuan untuk memahami dirinya , berguna banget kok saat qt memberikan bantuan layanan…. begitu khan pak ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 930 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: