PROGRAM KERJA, RPP, RPL, RPBK, PPPBK, PEMETAAN, SILABUS, BIMBINGAN DAN KONSELING


PROGRAM KERJA, RPP, RPL, RPBK, PPPBK, PEMETAAN, SILABUS, BIMBINGAN DAN KONSELING

Pada tanggal 17 Nopember 2009,  saat mengikuti Konvensi ABKIN ke XVI saya tertarik CD  yang di pamerkan di ruang lantai 2. Ternyata disitu ada CD perangkat BK kelas 7,8,9. Untuk rekan-rekan guru BK yang tertarik dapat mengunduh di halaman download  pada blog ini. terimakasih semoga bermanfaat. Semangat pagi!!!

About these ads

42 Tanggapan

  1. terimakasih atas informasi dan documen BK yang dilampirkan dalam laman ini.

  2. sangat bermanfaat

  3. sebagai media berbagi antar guru BK sip pokoknya. lanjutkan perjuangan

  4. terimakasih banyak atas infonya,kyaknya ne bermanfaat banget buat kita-kita para pemula dibidang ini…

  5. Tri… tolong segera cantumkan nama beserta alamat/nomer yang bisa dihubungi dari rekan2 angk. kita aku perlu banget.

  6. sangat bagus dan dikelola dengan baik pula.

  7. Terima kasih! Baru kali ini saya kunjungi blog ini ternyata info tentang BK banyak sekali di sini, moga terus bermanfaat bagi saya dan rekan yang lainnya.

  8. Bagus sekali Bolg ini thanks

  9. trimakasih, saya sangat terbantu sekali dg adanya blog ini

  10. makasih bang untk nambah wawasan bk , lagi lagi materi nya

  11. blog jempolan, sangat bagus dan membantu. thanks

  12. Saya mengamati bahwa Guidance & Counseling (GC ) atau BK di Indonesia masih salah kaprah. Masih banyak guru BK atau para Kepala Sekolah di Indonesia yang tidak tahu tentang BK. Sehingga pekerjaan guru BK masih seperti polisi sekolah, hakim sekolah. Anak yang melanggar disiplin langsung diarahkan ke guru BK. Bahkan Kepala Sekolah menempatkan guru BK merangkap urusan kesiswaan. Kita akui GC adalah ilmu dari USA dan tugasnya bukan untuk menghukum murid yang melanggar disiplin. Tetapi membantu anak untuk memecahkan masalah yang berhubungan dengan psikologisnya. Sungguh menyimpangnya luar biasa ilmu GC ini dan lucunya sudah berlangsung lama. Dan guru GC pun tidak melakukan koreksi. Banyak guru yang mau diatur kepala sekolah bahkan teman guru bidang studi sedikit masalah anak seperti kenakalan, melanggar aturan langsung diarahkan ke guru GC/BK. Dan guru GC/BK bukannya memecahkan masalah tetapi menambah masalah dengan mengomeli,memarahi. Coba Guru GC/BK banyak membaca literatur GC yang bahasa Inggris. Tidak ada urusan kedisiplinan diserahkan ke BK. Sampai kapan ini.

    • Kami yang di lapangan udah menyampaikan hal itu ke staf sekolah yang lain tetapi nampaknya mereka berpendapat BK menangani anak yang bermasalah dari segi pelanggaran disiplin/tata tertib siswa.

    • pak hendro yth seperti yang dijawab oleh pak triyono, kami dilapangan berusaha menjelaskan dan melaksanakan seperti yang sebenarnya peran GC disekolah, namun demikian saya malah dikatakan “nganeh-nganehi” dan yang lebih menyakitkan dikatan orang kok gawe aturan dewe sehingga malah dikucilkan dari sekolah justru guru GC yang mau bekerja Sebagai polisi,hakim,jaksa sekolah itu yang dikatakan guru GC jempolan. 26 th saya memegang prinsip dan selama itu pula aku terkucilkan dari sekolah. pergantian kepala sekolah berkalikali ya idemdito saja. suwun

    • Bapak HC H Triyono MBA yth,
      sebenarnya itu tergantung kita BK, kalau memang kita bisa menunjukkan prestasi kita menangani siswa secara profesional, nggak gitu jadinya.BK harus bisa berbuat sehingga Kepala sekolah dan guru bisa menerima tugas BK.Saya tidak pernah mau menerima saja kiriman dari guru kalau:
      1.Masalahnya terjadi di kelas(mis, ribut,tdk mengerjakan PR,berkelahi dll) hrs gurunya yg menyelesaikan atau meminta wali kelasnya yg menangani kalau dia tidak sempat.Kecuali masalahnya genting, sementara bukan masalah saat guru di kelas sedangkan wali kelasnya juga tidak hadir di sekolah waktu itu.
      2.Setiap masalah harus terlebih dahulu di tangani wali kelas sebanyak 3 kali (ada bukti catatan penanangan) baru saya mau terima.
      Untuk itu BK harus tegas dan konsisten bahwa:
      1.BK bekerja profesional tanpa terpengaruh maunya guru MP agar kita menghukum atau apalah namanya.Dan kita buktikan bahwa ada perubahan setelah kita yang menangani, ternyata bisa tanpa hukuman, tanpa ancaman.
      2.Guru BK menolak untuk jadi piket, agar BK terhindar dari kesan yang kurang pas dari siswa menyangkut profesi kita.
      3.Jangan sekali sekali bikin surat perjanjian, tapi upayakan siswa berkomitmen menjalankan alternatif pemecahan masalah yg kita bicarakan bersama, bukan kita yg memilih.
      4.Mengomeli, menyalahkan,menyudutkan, memaki,mengejek,menggurui,men-cap, menetapkan pilihan penyelesaian,pelit senyum,menampakkan raut wajah kurang senang, adalah hal yang sangat merugikan bahkan sering menjadi faktor kegagalan BK menangani siswa dan itu sangat tidak prfesional.
      Sulit memang, dalam keadaan \”jengkel\” sekalipun BK harus mampu menguasai diri, tapi itulah resiko profesi, kalau nggak sanggup ya jgn jadi BK.
      Maaf bukan menggurui, 4x kepala sekolah saya berganti, hampir tidak ada masalah.

      • bagaimana dengan siswa yang brmaslah kehadirannya, apakah itu slah satu tgs bk jg? atau wakasek.. adakah bsa berbagi pengalamn?

  13. benar kata anda saya melakukan dengan profesiaonal justru saya ditantang oleh waka2 n saya dimutasi, ternyata ditempat saya bekerja yang baru lebih memahami BK padahal diswasta

  14. Ass…Pak Try gimana kabarnya? Duh mau ada verifikasi sertifikasi nich..ikut nyedot file nya…terima kasih berat semoga Pa Try selalu sukses…

  15. Trimaksih atas informasi dan perangkat BK yg telah dibagikan secara ikhlas kepada teman2 seprofesi, sya sangat terbantu dengan hal itu.
    Saya mengajar di SMP N 2 Biak Kota Kabupaten Biak Numfor_Papua.

  16. sipppppppppp..

  17. pak tri punya perangkat bk u SMA nya?mohon dimasukkan dong di blognya.saya ngajar di sma 6 depok

  18. kok gak bisa do unduh ya? hanya nama filnya aja????

  19. Pak, tlng donk bntu sy untuk menjalankan program2 BK di sekolah saya…..jujur saja saya br lulus, dan skrng menjadi guru BK di SMP Swasta!!!slm ini BK di SMP tmpat sy mengajar tidak ada sama skali, jd sy harus mulai dr mn????trm ksh infonya…….

  20. makasih banget… saya baru akan terjun di dunia BK tahun ajaran yg akan datang… kalau ada hal2 yg baru, minta informasinya ya…
    thx. GBU.

  21. terima kasih than must tree

  22. O:) :)

  23. assalamualaikum….pak
    sebelumnya minta maaf,,,saya guru BK SMP udah satu tahun,,tpi saya masih kebingungan tentang perangkat pembelajran BK (RPP, RPL, silabus program dll). saya mohon kalau ada saya minta program2 BK pak!!!!saya sangat membutuhkan sekali demi tugas yang mulia ini…terima kasih

  24. tolong kirimkan perangkat pembelajaran bk sma

  25. benar sekali. terkadang konselor berada dlm kondisi tdk berdaya. apalagi si konselor tdk tahu banyak tentang BK, mau jawab/ melawan bagaimana orang gak iso ngomong………

  26. makasih….ternyata banyak sekali ilmu yg dapat aku peroleh setelah aku baca di sini

  27. Tolong kirimkan perangkat pembelajaran BK ya.

  28. benar sekali malah di tmpt saya bertugas bkn cm kepala dan rekan guru yg tidak paham akan BK,tp pemerintah daerah sendiri sm sekali buta tentang BK.hal ini terbukti dalam penempatan guru BK di sekolah,mereka menempatkan guru2 BK pada sekolah2 yang siswanya hanya berjumlah 100 kebawah, malah ditmpt sy bertugas siswanya hanya 35 siswa,dan msh bnyak rekan yg lain mengalami hal yg sm sprti saya. padahal kenyataannya didaerah perkotaan yg jmlh siswanya sngt bnyk msh kekurangan guru bk.mlh ada sekolah yg jumlah siswanya 450 lbh namun 1 guru BK pun tidak ada.padahal PP no 74 thn 2008 ttg beban kerja guru, jelas mengatakan bahwa beban kerja guru BK adalah paling sedikit mengampu 150 siswa dan paling banyak 250 siswa. jd tanda tanya bkn, sbnrnya mereka tidak paham atau ada maksud laen.kalau tujuannya untk meningkatkan kwalitas pendidikan ya kita setuju semua bkn?

  29. Bagaimana cara mengunduh perangkat itu

  30. pak tlg dong kirimin perangkat bk SMA khususnya klas X…mkasih…

  31. menjdi seorang guru BK itu penuh dgn tantangan..terkadang banyak guru2 mata pelajaran yg tdk memahami tentang tugas2 guru BK yang sesungguhnya, malah mereka mengangap guru BK itu adalah polisi sekolah bahkan ruang BK dijadikan pengadilan sekolah.inilah yg menjdi tugas qt masing2 u/ bisa memberikan pemahaman ttg tugas2 guru BK itu seperti apa. jgn mau dijadikan tempat rujukan dari segala masalah yg terjdi di sekolah..kasus ringan ditangani wali kelas, kasus sedang ditangani olh guru BK, dan ketika kasusnya sdh berat maka prlu adanya reveral/alih tngan kasus. smgqt smua sukses mnjdi guru yg profesional..Aamiin

  32. assalamualykm utk rekan2 guru bk se indonesia,, mau naya ne ada yg tau ndk apa2 saja judul buku ,pngrangnya tentang ANAK INTROVERT,mhon bntuannya kiranya ada yg tau,, trmksh,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 924 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: